Minggu, 29 Maret 2015

Tugas 2 - Kewirausahaan 2



E-Marketing (Elektronik Marketing)
Internet Marketing atau e-marketing adalah segala usaha yang dilakukan untuk melakukan marketing suatu produk atau jasa melalui atau menggunakan media Internet atau jaringan www. Kata e dalam e-marketing ini berarti elektronik (electronic) yang artinya kegiatan marketing yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat Internet atau jaringan syber. Dengan munculnya teknologi Internet dalam beberapa tahun ini, banyak istilah baru yang menggunakan awalan e-xxx, seperti halnya: e-surat, e-business, e-gov, e-society, dll.
Banyak orang beranggapan bahwa marketing Internet adalah segala hal yang berhubungan dengan mencari uang di Internet, yang sebetulnya hal ini tidak benar. Perlu diketahui bahwa ratusan bahkan ribuan program mencari uang di Internet adalah kegiatan yang dilarang dan merupakan kecurangan alias penipuan yang hanya menguntungkan untuk orang-orang tertentu saja.
Kegiatan marketing Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pembeli dan penulisan kalimat-kalimat marketing atau copywriting. Marketing internet atau e-marketing ini secara umum meliputi kegiatan pembuatan desain web (web design), periklanan dengan menggunakan baner, promosi perusahaan lewat mesin pencari informasi (mesin pencari), surat elektronik atau e-surat (e-mail), periklanan lewat e-surat (email advertising), marketing afiliasi (affiliate marketing), advertensi interaktif (interactive advertising), dll.

Keuntungan yang dapat diberikan dengan adanya penggunaan E-marketing ini bagi perusahaan menurut Jamal (1996:18) yaitu:
a. Mampu menjangkau berbagai konsumen dalam suatu lingkungan yang belum dipenuhi oleh pesaing.
b. Target adalah konsumen yang telah terbagi ke dalam kelompok dan mengembangkan dialog berkelanjutan.
c. Transaksi binis secara elektronik dan dengan biaya yang rendah.
E-mail dan data files dapat dipindahkan kepada konsumen yang terpilih atau semua konsumen dalam hitungan detik.
d. Jalur proses penjualan langsung dari produsen ke pengguna tanpa harus melewati jalur distribusi klasik.
e. Dapat menambahkan produk untuk dipasarkan secara cepat dan melakukan perubahan dalam rencana penjualan dengan sangat cepat.
f. Dapat melacak kegiatan penjualan yang sudah terjadi, langkah-langkahnya dan hasil yang didapat.

g. Dapat mengawasi pesaing
h. Menciptakan dialog antara perusahaan dengan konsumen
i. Dapat mendistribusikan program dan informasi tentang produk melalui E-mail atau file transfer.
Kegiatan pemasaran Internet umumnya meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek atau pencarian pembeli dan penulisan kalimat-kalimat pemasaran untuk menjual produk atau jasa. Pemasaran Internet ini secara umum meliputi kegiatan jasa digital, produk digital, dan periklanan dengan menggunakan spanduk digital. Periklanan dengan menggunakan spanduk digital seperti promosi melalui:
·         Mesin pencari
·         Surat elektronik
·         Afiliasi
Kegiatan pemasaran Internet yang efektif meliputi banyak strategi dari optimisasi mesin pencari, jejaring sosial, dan iklan berbayar per klik. Dengan beragamnya strategi tersebut maka pembelajaran yang berkelanjutan untuk hal ini sangat penting.

Tips-tips Internet marketing
1. Buatlah rancangan yang matang sebelum membangun sebuah website, dan rencanakan pula aspek pengembangan dan promosinya. Hal ini dapat mendorong agar website yang kita luncurkan terindex dengan baik dimesin pencari (search engine).
2. Buatlah sebuah rancangan e-mail marketing yang efektif dan memukau, jangan lupa buat sebanyak mungkin list calon konsumen. Respon secepatnya apabila ada calon konsumen yang meminta penjelasan mengenai informasi suatu produk atau layanan yang ditawarkan.
3. Analisa terus kinerja website yang dimiliki. Agar lebih objektif dan efektif, mintalah asistensi dari para penyedia layanan website analysis consultant.
4. Tulis dan publikasikan berbagai artikel mengenai website dan produk atau layanan yang dimiliiki, ke situs-situs bookmarketing atau jejaring lainnya. Agar calon konsumen potensial dapat lebih mudah menemukan berbagai informasi yang kita buat.
5. Susunlah sebuah program promosi melalui website, dan publikasikan untuk lebih banyak menarik calon konsumen potensial.
6. Rebut dan dominasi pasar, melalui perluasan jaringan distribusi. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, misalnya dengan program affiliasi.
Dengan menjalankan semua tips diatas, kemungkinan strategi internet marketing dalam bisnis yang akan dijalankan dapat dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran.

Ada 3 alasan pentingnya Internet Marketing bagi perkembangan bisnis.
1. Pergeseran gaya hidup (lifestyle)
Semakin pentingnya posisi internet marketing dalam menunjang aktifitas bisnis, tidak terlepas dari pergeseran gaya hidup/lifestyle dari manusia diberbagai belahan dunia.
Gaya hidup yang mengutamakan kemudahan dan kecepatan, saat ini tidak hanya dimiliki oleh masyarakat Negara-negara maju. Namun juga masyarakat-masyarakat Negara berkembang, yang saat ini banyak mengadopsi gaya simple seperti itu. Hal itu dapat dimanfaatkan oleh berbagai perusahaan untuk menjaring konsumen melalui internet marketing.
Begitupun dengan cara mencari informasi mengenai berbagai hal yang mereka butuhkan. Apabila mereka membutuhkan informasi mengenai suatu produk atau layanan yang mereka butuhkan, mereka lebih senang mencarinya melalui internet.
Memang secaramayoritas para calon konsumen masih banyak yang pergi ke mall, menghubungi sales, menonton televise, atau membaca koran dan majalah untuk mencari suatu produk atau layanan yang dibutuhkan. Namun secara konstan, jumlah orang yang menggunakan internet untuk mencari informasi mengenai berbagai kebutuhan, terus mengalami lonjakan yang luar biasa. Untuk mengimbanginya, maka perusahaan-perusahaan melaksanakan dalam bidang bisnisnya.
2. Kecepatan akses informasi.
Internet saat ini kedepan akan menjadi pemimpin dalam dunia informasi. Para calon konsumen merasa dapat mengakses informasi lebih cepat melalui internet. Mereka cenderung merasa lebih cepat dan mudah mencari suatu produk atau layanan dan kemudian membelinya melalui internet, dibandingkan dengan harus mencari ke beberapa toko atau mall. Oleh karena itu, perusahaan yang memiliki strategi internet marketing yang baik dapat berpeluang memimpin pasar.
Selain itu, melalui internet marketing, berbagai informasi produk atau layanan yang dimiliki perusahaan akan lebih cepat diterima oleh calon konsumen. Ke depan, akan lebih banyak calon konsumen yang mengharapkan perusahaan memiliki skema internet marketing, untuk memudahkan mereka memenuhi berbagai kebutuhannya.
3. Target market yang tak terbatas.
Salah satu keuntungan vital menggunakan internet marketing adalah pangsa pasar yang tidak terbatas. Internet marketing tidak mengenal batasan tempat dan waktu. Melalui internet marketing, sebuah perusahaan dapat melakukan ekspansi bisnis seluas-luasnya. Dengan internet marketing, calon konsumen dimanapun dan kapanpun dapat menerima informasi, memahami dan membeli apapun yang mereka butuhkan.
Bagi perusahaan, data konsumen potensial dapat mereka kumpulkan dari pengunjung website yang mereka miliki. Divisi perusahaan yang menangani internet marketing, akan dengan mudah melacak calon-calon konsumen potensial, melalui data pengunjung website yang secara berulang mengunjungi website mereka.
Dengan berdasarkan ketiga alas an diatas, semakin banyak perusahaan atau internet marketer yng menyadari pentingnya posisi internet marketing dalam bisnis mereka. Saat ini mereka dapat dikatakan berlomba-lomba merumuskan berbagai kebijakan untuk merancang sebuah internet marketing plan, yang mereka anggap tepat sebagai sarana pemasaran yang strategis.
Dapat dikatakan setiap perusahaan atau internet marketer saat ini tidak mau ketinggalan informasi sedikitpun dalam perkembangan internet marketing. Karena mereka tahu, apabila mereka tertinggal dalam hal internet marketing, maka mereka akan berpotensi mengalami penurunan jumlah konsumen potensial untuk beberapa waktu kedepan.
Ada 3 jenis penghasilan yang dpat diperoleh lewat internet marketing.
1. Product Creation
Product Creation atau dapat dikatakan menjual produk sendiri. Cara ini tidak begitu dianjurkan bagi para pemula internet marketer jika dibandingkan dengan dua jenis yang lain. Mengapa demikian?, karena jenis ini bagi pemula yang akan terjun sebagai internet marketer masih membutuhkan banyak modal untuk membuat produknya sendiri.
2. Affiliate Marketing
Affiliate marketing atau dapat dikatakan menjual produk orang lain. Cara ini merupakan cara yang dianjurkan bagi para pemula internet marketer. Karena ketika kita berhasil menjual produk orang lain, maka kita bisa mendapatkan komisi dari sang penjual. Didunia internet marketing, komisi yang nanti akan Anda dapat bisa mencapai 75% dari harga produk yang terjual!
3. Advertisement Marketing
Advertisement Marketing kata lainnya kita dapat menyediakan website untuk menampilkan iklan orang lain. Artinya kita mempunyai sebuah website dan orang akan memasang iklan mereka diwebsite yang sudah kita buat, dan tentunya dalam hal ini kita akan mendapat bayaran.

Tahap Konsep Internet Marketing
 (1) Setting Corporate and Business-Unit Strategy
Strategi bisnis adalah dasar pijakan bagi siapapun yang berkecimpung dalam marketing. Strategi perusahaan mengacu pada interrelasi antara berbagai unit bisnis, termasuk iantaranya segala hal yang harus diputuskan, didebatkan, dan diargumentasikan. Unit bisnis bertugas untuk fokus terhadap strategi untuk bersaing dalam persaingan kompetitif.
(2) Framing the Market Opportunity
Tahapan kedua membahas tentang analisis mengenai kesempatan yang terhampar dalam pasar dan mengacu pada langkah pertama konsep bisnis, yakni mengumpulkan data offline dan online untuk menjadi acuan persaingan dalam dunia marketing
(3) Formulating the Marketing Strategy
Internet marketing berdasar kepada strategi marketing tentang korporasi, unit bisnis, dan segala hal yang berkaitan, yang dimiliki oleh internet marketer. Tujuan, sumber, dan apapun yang dilakukan dalam marketing, haruslah didasarkan pada strategi. Formulasinya harus tepat sasaran. Pada akhirnya, strategi harus dibuat berdasarkan data yang didapat baik secara online maupun offline.
(4) Designing the Customer Experience
Internet marketer harus mengerti tipe konsumen yang akan mereka tangani dan segala macam latar belakang dan pengalamannya. Hal tersebut harus dikorelasikan dengan strategi marketing dan posisi internet marketer. Lebih lanjut, pengalaman konsumen akan menjadi jembatan antara marketing dan program-program yang menyokongnya.
(5) Designing the Marketing Program
Menyempurnakan langkah-langkah sebelumnya, yakni mendesain program marketing yang tepat bagi konsumen dan internet marketer, dengan tujuan agar keinginan awal keduanya tercapai dan kedua belah pihak terpuaskan. Dalam desain program, maka harus dipikirkan tentang segmen target, target konsumen, dan sebagainya.

0 komentar:

Posting Komentar