Minggu, 21 Juni 2015

TUGAS 6 - KEWIRAUSAHAAN 6


KOMPETENSI INTI USAHA DAN STRATEGI BERSAING DALAM KEWIRUSAHAAN

A. KOMPETENSI INTI
Definisi menurut Hamel dan Prahalad (1994):
Kompetensi  inti  menggambarkan kemampuan kepemimpinan dalam serangkaian produk. Kompetensi adalah sekumpulan keterampian dan teknologi yang dimiliki perusahaan untuk dapat  bersaing. Kompetensi inti  adalah keterampilan yang memungkinkan perusahaan memberikan fundamental kepada pelanggan.

Meskipun dalam manajemen perusahaan modern seperti sekarang ini telah terjadi pergeseran strategi, yaitu dari strategi memaksimalkan keuntungan pemegang saham (mencari laba perusahaan) menjadi memaksimalkan keuntungan bagi semua yang berkepentingan dalam perusahaan (stakeholder), akan tetapi konsep laba tidak bisa dikesampingkan karena merupakan alat yang penting bagi perusahaan untuk menciptakan manfaat bagi para pemilik kepentingan. 
Salah satu tugas manajemen strategis adalah menciptakan laba yang bisa dipergunakan sebagai sumber dana untuk investasi dan meningkatkan manfaat bagi pemilik kepentingan.
Mengidentifikasikan dan mengevaluasi kemampuan atau kapabilitas. Kapabilitas diartikan sebagai apa yang dapat dilakukan oleh perusahaan melalui kerja sama tim (bukan perorangan) untuk mengembangkan berbagai sumber daya yang dimiliki perusahaan. Kapabilitas tersebut mengintegrasikan ide baru, keterampilan, dan pengetahuan lain yang menjadi kunci berpikir kreatif.

Menurut Oxford Pocked Dictionary, strategi merupakan seni perang, khususnya perencanaan gerakan pasukan, kapal dan sebagainya menuju posisi yang layak, rencana tindakan atau kebajikan dalam bisnis atau politik dan sebainya.
Kesinambungan hidup perusahaan sangat bergantung pada ketahanan wirausaha dalam meraih keunggulan bersaing melalui strategi yang dimilikinya.  Strategi perusahaan adalah cara-cara perusahaan menciptakan nilai memalui konfigurasi (multimarket scope of coorporation) dan koordinasi aktivitas multimarketing.

Saat ini telah terjadi pergeseran strategi , dari strategi perusahaan untuk memaksimalkan keuntungan bagi shareholder menjadi memaksimalkan keuntungan bagi stakeholder. Akan tetapi, konsep laba tidak bisa dikesampingkan dan merupakan alat yang penting bagi perusahaan untuk menciptakan manfaat bagi para stakeholder. 

B. Strategi Bersaing dalam Kewirausahaan
Dalam konsep strategi pemasaran kita mengenal 4P yaitu:
         1.       Product (produk barang dan jasa)
         2.       Price (harga)
         3.       Place (tempat)
         4.       Promotion (promosi)
        
C. Penerapan Strategi Generik dan Keunggulan Bersaing             
Teori generic starategi yaitu teori yang memandang bahwa inti dari gagal dan berhasilnya suatu  perusahaan bergantung pada strategi dan keberanian untuk bersaing. Tanpa berani bersaing,  suatu perusahaan tidak mungkin berhasil sementara strategi, bertujuan mempertahankan posisi dan keuntungan dalam menghadapi persaingan. Selanjutnya, perusahaan dikatakan unggul dalam bersaing dan berkembang jika mereka mampu menciptakan nilai lebih bagi pelanggan. Nilai lebih tersebut dihasilkan dari strategi genetic yang menggambarkan cara perusahaan memilih dan mengimplementasikan strategi genetic tersebut.   

D. Strategi Kepemimpinan Biaya
Kepemimpinan biaya adalah srategi besaing biaya rendah yang ditujukan untuk pasar luas dan mengharuskan “membangun secara agresif fasilitas skala efisien, pengurangan harga yang gencar, pengandalian biaya dan ongkos yang ketat, penghindaran pelanggan-pelangan marjinal, dan meminimalisir biaya seperti R&D, pelayanan, tenaga penjual, iklan dan sebagainya. Harga murah berfungsi sebagai hambatan pesaing untuk masuk ke dalam industry, dan hanya sedikit yang dapat menandingi keunggulan biaya pemimpin. 

E. Strategi Diferensiasi
Diferensiasi adalah strategi aktif untuk mendapatkan hasil diatas rata-rata dalam sebuah bisnis tertentu karena loyalitas merek akan membuat sensitivitas konsumen terhadap harga menjadi randah. Loyalitas pembeli berfungsi sebagai penghalangmasuk industry- perusahaan-perusahaan baru harus mengembangkan kompetesnsi tersendiri mereka untuk membedakan produk mereka melaluai cara-cara tertentu agar dapat besaing dengan sukses. Diferensiasi diarahkan pada pasar luas dan melibatkan penciptaan sebuah produk atau jasa uniik, yang mebuat perusahaan harus menetapkan harga premium. 

F. Strategi Fokus Biaya
Focus biaya adalah strategi bersaing yang focus pada kelompok pembeli atau geografis tertentu dan mencoba melayani ceruk-ceruk ini, dan mengabaikan yang lain. Dalam menggunaka focus biaya, perusahaan unit bisnis mencari keunggulan biaya pada segmen sasarannya. Starategis tersebut didasarkanpada keyakinan bahwa perusahaan atau unit bisnis yang mengkosenstrasikan upaya-upayanya dapat melayani target strategis yang sempit dengan lebih efisien dibandingkan dengan para pesaingnya.

http://deboraeprb.blogspot.com/2014/12/kompetensi-inti-strategi-bersaing-dalam.html 
http://abdiherlambang9.blogspot.com/2012/04/perbedaan-strategi-kepemimpinan.html

0 komentar:

Posting Komentar